Wednesday, June 27, 2012

Bunting Palsu Pada Kucing


Bunting palsu sering disebut juga hamil anggur atau false pregnancy (pseudo pregnancy). Kejadian ini sering sekali terjadi pada anjing. Meskipun jarang, pada kucing pun terjadi.
Bunting palsu terjadi bila kucing menunjukkan tanda-tanda hamil seperti, puting susu memerah, nafsu makan meningkat dan pembesaran daerah perut (abdomen). Semua tanda-tanda hamil ini tidak disertai adanya janin (anak) dalam rahim. Dengan kata lain rahimnya kosong.
Bagaimana terjadinya bunting palsu
Pada anjing yang sedang birahi, ovulasi (pelepasan sel telur) terjadi pada  akhir masa birahi. Ovulasi pada anjing tergolong ovulasi spontan. Ovulasi ini tetap terjadi secara teratur.
Sel telur yang dilepaskan oleh indung telur (ovarium) dan bergerak menuju ke rahim. Sel telur yang  telah dibuahi oleh spermatozoa akan menempel di dinding rahim dan berkembang menjadi janin (fetus).
Pada keadaan tidak normal, sel telur yang tidak dibuahi bertindak menyerupai sel telur yang telah dibuahi dan menyebabkan munculnya tanda-tanda bunting.
Lainhalnya dengan kucing. Seperti kelinci, kucing tergolong hewan yang mengalami induced ovulation. Artinya ovulasi pada kucing dan kelinci tidak terjadi secara spontan. Ovulasi hanya akan terjadi bila ada perkawinan dengan kucing jantan.
Pada keadaan tidak normal, ovulasi pada kucing bisa saja terjadi dan sel telur yang tidak dibuahi menetap di dinding rahim untuk beberapa waktu. Selama sel telur menempel di dinding rahim, tanda-tanda bunting palsu akan semakin terlihat jelas.
Pada saatnya, sel telur yang tidak dibuahi tersebut akan berhenti berkembang, kemudian tanda-tanda bunting palsu akan hilang dengan sendirinya dan kucing kembali ke keadaan normal.



ENGLISH VERSION
Bunting is often referred to as false pregnancy or false pregnancy wine (pseudo pregnancy). These events often occur in dogs. Although rare, the cat ensued.

False Bunting occurs when the cat shows signs of pregnancy like, nipples milking, increased appetite, and enlargement of the abdominal area (abdomen). All the signs of pregnancy is not accompanied by the fetus (child) in the womb. In other words, her uterus is empty.

How the fake pregnant

In dogs in heat, ovulation (egg release) occurs at the end of lust. Ovulation in dogs classified as spontaneous ovulation. Ovulation still occurs regularly.

Egg is released by the ovaries (ovarian) and moves toward the uterus. Egg cell is fertilized by the spermatozoa will be attached to the uterine wall and develop into a fetus (fetus).

In the circumstances are not normal, fertilized eggs that do not act like a fertilized egg cell and led to the emergence of signs of pregnant.

Lainhalnya with cats. Like a rabbit, a cat belonging to animals that had induced ovulation. This means that ovulation in cats and rabbits do not occur spontaneously. Ovulation will occur only when there was a marriage with a male cat.

In the circumstances are not normal, ovulation can occur in cats and fertilized eggs that do not settle in the lining of the uterus for some time. During the egg attaches to the uterine wall, signs of a fake bunting will be more obvious.

In time, the egg is not fertilized it will stop growing, then the fake bunting signs will disappear by itself and the cat returned to its normal state.

oleh : drh. Neno Waluyo S, 2007

0 comments:

Post a Comment